Template String

Template String sama halnya dengan tipe data String yaitu merepresentasikan data berupa text / tekstual. Template string dipekernalkan oleh ES6 penggunakan template string dengan cara memberikan back-tik( ) pada sebuah data.

Bagi yang kesulitan mencari simbol backtick anda dapat menemukannya di papan keyboard yang letaknya di pojok atas sebelah kanan, berada percis di bawah tombol esc.

Dengan kehadiran dari template string memberikan kemudahan dalam mengelolah data berupa string dan ini yang menjadi penyebab template string menjadi lebih powerfull dibanding string karena template string dapat membuat Multiple-line String, Ekspresi Interpolation, dan Tagged Template. ketiga hal ini yang sering digunakan dalam penulisan kode.

Multiple-line String

Bila anda ingin menampilkan string dengan beberapa baris maka akan memerlukan backslah n (\n) untuk membuat baris baru, dan concatenation (+) untuk mengabungkan string.

Ekspresi Interpolation

Penulisan Ekspresi Interpolation ditulis dengan dolar sing dan kurung kurawal (${}) yang berfungsi menyisipkan variable kedalam string.

Tagged Template

Sebuah fungsi dapat di urai menjadi string dengan menggunakan tagged template, setelah fungsi diurai dan dimanipulasi maka tagged template akan mengembalikan dalam bentuk string.

Sumber:

Template String