Perkembangan HTML

Seiring berkembangnya Teknologi IT, HTML pun berkembang dari tahun ketahun. Berikut beberapa versi HTML :

Versi Tahun
HTML 1991
HTML 2.0 1995
HTML 3.2 1997
HTML 4.01 1999
XHTML 2000
HTML5 2014
Tim Berners Lee

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan membuat prototipe ENQUIRE, sebuah sistem untuk digunakan para ilmuan dalam berbagi dokumen dan hasil riset. Pada tahun 1989, Tim Berners Lee menulis sebuah memo untuk mengajukan sistem hypertext yang berbasis internet. sehingga pada akhir tahun 1990, Berners-Lee menspesifikasikan suatu HTML dan membuat browser beserta software server di akhir tahun 1990. di tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau (CERN data system engineer) berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 kemudian dia mendata beberapa orang yang menggunakan hypertext lalu mengumpulkannya kedalam sebuah ensiklopedia untuk pertama kalinya.

Pada mulanya HTML adalah sebuah dokumen yang disebut “HTML Tag”, pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Ini menggambarkan 18 elemen yang terdiri dari, desain relatif sederhana awal HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, ini sangat dipengaruhi oleh SGMLguid , pada Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

HTML adalah bahasa markup yang web browser gunakan  untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar, dan bahan lainnya ke dalam sebuah web baik secara visual atau suara. Karakteristik default untuk setiap item dari markup HTML didefinisikan dalam browser, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer dengan menggunakan CSS . Dalam perkembangannya, HTML secara progresif telah pindah ke arah yang lebih maju dengan bantuan CSS.

source lengkap : https://en.wikipedia.org/wiki/HTML