Perisapan Belajar Javascript

Seri kali ini kita akan mempersiapkan segala macam tools yang kita butuhkan dalam proses pembelajaran dasar javascript. Sebenarnya anda dapat belajar javascript hanya bermodalkan console browser saja. untuk anda yang menggunakan browser mozilla cukup dengan menekan tombol ctrl + shift + i maka akan tampil seperti dibawah ini.

ini adalah cara yang sangat tidak efektif apabila anda hanya menggunakan console pada proses pembelajaran.

Oleh karena itu ada memerlukan beberapa tools untuk mempermudah proses belajar kita. beberapa tools yang di perlukan adalah

1. installasi node.js

ini mempermudah kita, karena untuk dasar kita hanya menampilkan output pada console saja. karena fokus yang dibangun pada seri ini adalah anda mengenal dan memahami setiap feature pada javascript.  Langsung saja kunjungi link untuk mendownload node.js https://nodejs.org/en/download/

tinggal pilih saja berdasarkan operasi sistem kesayangan anda, kebetulan saya menggunakan windows 7-64 bit. untuk instalasinya sangat mudah, tinggal ikuti saja perintahnya saat proses instalasi. Bila anda sudah selesai meng-install node.js anda bisa mencobanya dengan mengetik perintah node -v pada console seperti berikut

jika muncul ouput versi dari node.js berarti anda telah berhasil melakukan instalasi node.js. jika tidak muncul, maka anda harus menginstall ulang node.js dengan benar.

2. Visual Studio Code

Ini sebenarnya optional saja, anda boleh menggunakan kode editor apapun. saya menyenangi visual studio code karena banyak plugin yang disediakan oleh kode editor yang satu ini, sebetulnya masih banyak alasan mengapa saya menyenanginya. namun sebaiknya kita membahasa nya pada artikel yang berberda. untuk mendownload visual studio code silahkan kunjungi link https://code.visualstudio.com/download

cara instalasi nya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti perintah pada saat instalasi VS code.

berikut ini penampakan dari tampilan visual studio code

tampilan visual studio code kurang lebih sama seperti kode editor pada umumnya ada tempat untuk ngoding dan ada sidebar yang menjadi workplace direkori program kita.

Perhatikan, yang diberi kolom warna kuning, itu adalah terminal yang disediakan oleh visual studio code. Pada proses pembelajaran kita akan lebih sering menampilkan output  pada terminal pada visual studio code.

anda bisa staytune di mangcoding.com kita akan membuat alasan kenapa harus menggunakan visual studio code sebagai kode editor yang kami gunakan.

3. instalasi browser

Anda boleh menggunakan browser apapun baik itu safari, chrome, mozilla, dan opera namun untuk seri ini tidak diperkenankan menggunakan browser IE 8 versi kebawah. mungkin untuk seri fundamental javascript, ES5, ES6, ES7, ES8, ESNext Features pengunaan browser tidak terlalu banyak. karena kita akan banyak bermain pada console yang disediakan oleh visual studio code. browser baru benar-benar terasa kegunaannya untuk menampilkan output pada saat kita bermain dengan Javascript DOM. nanti kan saja serinya. namun untuk seri ini kita juga memerlukan browser, kami rekomendasikan untuk menggunakan chrome atau mozilla, jadi pastikan anda menginstalnya.

cukup itu saja yang kita perlukan. untuk tutorial berikutnya kita akan berkenalan dengan output pada javascript.

anda bisa klik link di bawah ini

Cara Menampilkan Hasil (output) dengan Javascript