Pengenalan Javascript dan Anda Harus Mempelajarinya

Ada banyak sekali Bahasa pemograman yang beredar pada saat ini, bagi anda yang memulai untuk belajar Bahasa pemograman mungkin akan  dibuat kebingungan karena banyak sekali pilihan untuk mempelajarinya karena masing-masing Bahasa pemograman memiliki keunggulannya masing-masing. Bahasa pemograman yang popular mungkin ada java, C#, C, C++ yang saya anggap sebagai Bahasa yang sepuh. Ada juga Bahasa python, PHP, Rubi dan javascript yang biasa menjadi pilihan untuk programmer pemula. Namun bagi anda yang baru terjun kedalam dunia pemograman, sangat tidak disarankan untuk mempelajari banyak Bahasa pemograman. Cukup memilih satu Bahasa pemograman, dan anda harus menjadi expert atau ahli menggunakan Bahasa pemograman yang anda pilih.

Kali ini saya akan mengenalkan javascript kepada anda yang masih galau untuk memilih Bahasa pemograman. Menurut saya javascript adalah Bahasa pemograman yang keren yang akan membuat anda menjadi programmer milenial kekinian. Tentunya pendapat ini tidak hanya berdasarkan asumsi pribadi saja akan tetapi saya akan memaparkan alasan-alasannya secara seksama dan dalam  narasi yang sesingkat-singkatnya.

Sebelum  memutuskan hijrah dari Bahasa PHP ke javascript saya mencoba membuat beberapa parameter berupa pertanyaan kepada diri sendiri yaitu,  kenapa saya harus javascript? Apa yang bisa saya dapatkan dengan javascript? Seberapa penting javascript dalam perkembangan software engenering? Dan bagaimana masa depan saya jika belajar javascript? Dari pertanyaan tersebut saya telah mendapatkan jawaban dari beberapa artikel dan kemudian ini saya akan merangkumnya, serta membagikan kepada anda yang galau dalam memilih Bahasa pemograman. Saya juga memberi keyakinan penuh kepada anda yang telah mempelajari javascript betapa kerennya anda! memilih javascript sebagai tambatan hati dalam menulis kode-kode program dengan javascript.

Kenapa saya harus belajar javascript ?

Anda memang harus belajar javascript! Ikuti tutorial ini dari awal sampe akhir yah! (titik). Hehe saya Cuma becanda kok, rasanya tidak fair jika saya hanya menyuruh anda belajar tanpa memberikan alasan kenapa anda membutuhkannya. Baiklah saya buat dalam beberapa point.

  • Javascript adalah Bahasa yang sangat popular dalam beberapa dekade, yang menyakinkan saya pada hal tersebut adalah survey yang dilakukan oleh sebuah situs yaitu stackoverflow

sumber: https://insights.stackoverflow.com/survey/2019#technology

javascript menepati urutan pertama dalam katagori teknologi yang popular dengan persentase 67,8% dari 87.354 reponder memilih javascript.

  • Jika anda memulai karir sebagai web developer maka hukumnya wajib (fardhu ‘ain) untuk mempelajari javascript. Karena dengan Bahasa pemograman javascript yang mampu membuat website anda menjadi lebih interaktif.
  • Saya sangat senang dengan programmer yang bernama flavio copes, beliau mengatakan bahwa javascript adalah Bahasa pemograman yang amazing!, sebuah cara yang simple untuk memanipulasi dokumen, dan sekarang dapat berjalan dimanapun!
  • Mudah untuk mempelajari javascript, karena sudah banyak dukungannya. Tutorial sudah sangat banyak tapi dalam Bahasa inggris. Oleh karena itu kami menghadirkan tutorial Bahasa Indonesia memang di buat untuk kalian yang sedang galau memilih Bahasa pemograman dan belum terlalu mahir Bahasa inggris. Kami baikkan?

Apa yang bisa saya dapatkan dari javascript?

Buanyak!
Beneran, jika anda belajar javascript banyak yang anda dapatkan. Anda tidak perlu belajar banyak Bahasa pemograman untuk membangun aplikasi baik itu berbasis website ataupun mobile tanpa menggunakan komplier. Ada node.js untuk pengembangan backend, selain itu module yang disediakan oleh npm membuat saya merasa dimanja. Kemudian untuk library ada Jquery, ada react. Untuk front end ada vue.js, angular, meteor.js dan masih much much much more.

Seberapa penting javascript dalam pengembangan software engenering?

Saya kasih tau lagi yah. Dahulu kala software hanya ada pembagian dua kutub saja yang dinamakan kutub desktop dan kutub web. Kedua kutub ini bersebrangan tidak bisa menyatu ibarat air dan minyak. Namun dengan perkembangan dan permintaan mengakibatkan software harus dapat berkomunikasi satu sama lain. Oleh karena itu jaman kutub segera di akhiri dengan munculnya sebuah teknologi REST-API sebuah cara untuk melakukan pertukan data dapat dengan menggunakan format JSON (Javascript Object Notation), sekali lagi ada javascript nya. Heheh… tapi JSON bukan javascript yah melainkan format penulisannya seperti objek pada javascript. Hadirnya node.js kusus pemograman pada sisi server saat ini menjadi cikal bakal pesatnya pengembangan javascript terbukti dari survey yang dilakukan oleh stackoverflow yang ada diatas.

Bagaimana masa depan saya jika belajar javascript?   

Anda ang masih muda dan baru belajar javascript berbahagialah. Masa depan anda akan cerah. Anda konsisten mempelajari javascript minimal 2-3 jam perhari 10 tahun mendatang akan menjadi ahli. Jika sudah ahli banyak perusahaan yang akan merekrut anda dengan gaji yang tinggi. Pasti akan sangat menyenangkan bekerja sesuai passion dan di gaji tinggi. Kabar baiknya bisa kerja secara remote loh, anda tak perlu capek-capek, bermacet-macet ria menuju kantor. Bikin stress dan sangat menyebalkan dong.

Senangkan, saya sukak….. saya sukak…..

Sekali lagi menjadi ahli membutuhkan proses yang cukup panjang, diperlukan disiplin diri dalam proses pembelajaran. Anda harus kokoh pada fundamental. Karena jika fundamental tidak kokoh anda akan rubuh dalam waktu yang singkat. Tenang saja tutorial ini dibuat dengan detail dan penyampaian kami buat sangat sederhana agar dapat membantu anda belajar dan membuat anda bahagia memperlajari javascript.

Langsung saya ke artikel berikutnya. Yaitu persiapan tools!

perisapan belajar javascript