Lupakan Mimpi anda menjadi programmer! bila anda tidak membaca artikel ini

sebenarnya judul diatas adalah pendekatan logis agar anda dapat meraih mimpi dengan cara yang wajar. Bukan berarti saya tidak simpatik atau respek dengan semangat anda yang mau belajar pemograman dan menjadi programmer profesional. akan tetapi semuanya tidak hanya dengan modal semangat. anda harus mengetahui bahwa programmer yang profesional setidaknya mereka memerlukan waktu belajar yang tidak singkat, bisa bertahun-tahun atau bahkan belasan tahun. dari waktu yang panjang itu pun mereka membawa kedisplinan, kegigihan dan ketangguhan dalam belajar.

berikut ini adalah penjelasannya kenapa programmer pemula menyerah dalam belajar pemograman bahkan tidak melanjutkan mimpi mereka.

1. terlalu idealis

mungkin anda berfikir untuk menjadi programmer membutuhkan infrastruktur yang hight dan anda harus merogoh kocek anda sampe dalam untuk membeliĀ  komputer dengan spesifikasi yang tinggi atau monitor yang banyak layaknya di film-film heacker. mungkin sebagian orang yang memiliki dana yang cukup mampu membelinya. lantas bagi mereka yang tidak memiliki dana yang cukup bagaimana? mungkin jawaban yang tepat adalah menyerah karna tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli. sebaiknya mulai dulu saja dari perangkat yang anda punya pelan-pelan. jika spek komputer anda rendah, banyak kok sekarang tools yang ringan dan membantu anda belajar koding.

2. tidak memeperkuat fundamental

ini adalah kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh pemula. saya tidak tau mungkin mereka bisa atau ekspektasi mereka yang terlalu tinggi. mungkin saja mencari perhatian agar lebih terlihat keren. apapun alasannya mereka tidak belajar dari dasar dulu ini akan berakibat buruk untuk mood mereka. karena jika anda langsung membuat aplikasi sistem informasi dan di tengah jalan terjadi error anda akan kebingungan. apalagi bagi anda yang tidak bisa bahasa inggris makin kacau. beneran, karena dokumentasi resmi itu berbahasa inggirs. sebaiknya mulai dulu dari yang dasar-dasar, yang gampang-gampang. nikmati aja proses kamu belajar. jangan terlalu terburu-buru sama waktu yang terpentingkan goal apa yang kamu ingin dapatkan.

3. kesehatan ugal-ugalan

kita mungkin akan sepakat programmer adalah pekerjaan yang banyak menghabiskan waktu di depan monitor. bahkan aktifitas ini menghabiskan banyak waktu sampai-sampai bergadang di depan monitor. sebagaimana kita tau bergadang itu buruk. tidak baik. merusak kesehatan dan kehidupan anda. bagaimana bisa bergadang merusak kehidupan anda? mudahnya begini, anada akan tertidur dipagi sampe sore hari saat orang-orang lain beraktifitas. kemudian anda bangun saat orang lain tertidur bukankah ini merusak sosial anda. yang berikutnya kita pasti setuju bersama-sama bahwa bergadang merusak kesehatan anda, jika anda sakit jangankan untuk koding, mungkin aktivitas hari-hari anda pasti terganggu. setidaknya anda perlu ada aktivitas lain seperti berolahraga, makan yang teratur dan management stress yang baik.

4. Salah Orientasinya

saat saya kuliah dan berada di komunitas yang mereka tonjolkan adalah keren-kerenan dari apa yang mereka hasilkan. tidak hanya itu, saya menemukan rekan yang motivasi belajar koding hanya ingin mendapat pekerjaan di dunia IT yang notabene gaji dari dunia IT sangan menggiurkan. ini merupakan suatu langkah yang salah, karena jika anda telah belajar pemograman dan tidak mendapat pujian dari orang anda akan frustasi! point yang kedua jika anda belajar motivasinya adalah pekerjaan dan uang, anda juga akan frustasi jika tidak mendapatkannya. karena peminat dunia IT sangat bangat menyebabkan persaingan sangat ketat. oleh karena itu perbaiki niat anda, atur belajar yang baik, sedikit demi sedikit membuat portfolio atau menulis artikel dari apa yang anda pelajari. karna jika anda memiliki karya maka saya sangat yakin perusahaan/perorangan akan datang menawarkan pekerjaan untuk anda.

5. Tidak membaca dokumentasi

sumber belajar yang baik selain tutorial dengan bahasa yang anda kuasai adalah dokumentasi resmi dari yang membuat teknologi tersebut. oelh karena itu anda harus menguasai bahasa inggris, setidaknya anda harus mampu membaca dokumentasinya. tips saja untuk anda hapalkan saja 2 kosa kata perharinya lama kelamaan akan banyak kosa kata yang anda hapal. ini yang saya lakukan karena saya memulai belajar koding dari ketidakmahiran saya terhadap bahasa inggris. saya menghapal 2 kosa kata perhari dan ini sangat membatu sekarang.

6. tidak disiplin

apapun yang anda lakukan jika tidak disiplin anda tidak akan berhasil meraih apa yang anda inginkan. begitu juga dengan belajar pemograman. anda di tuntut untuk disiplin. anda harus konsisten belajarnya. biasa yang saya lakukan dalam belajar pemograman adalah saya meluangkan waktu 2-3 jam perhari untuk belajar/membaca/mengulangi apa yang saya pelajari. mungkin anda bisa melakukannya. karena cukup mudah kok belajar dengan porsi 2-3 jam. tapi jangan lupa setelah belajar dilatih terus berulang-ulang biar ingat dan tak lupa

mungkin itu beberapa alasan dari sekian banyak hal yang menyebabkan para pemula gagal untuk menjadi programmer. jadi saya harap setidaknya jangan melakukan hal-hal yang diatas. tetap semangat dan buat belajar anda lebih menyenangkan.