10 Tips Mempercepat Website Elementor Anda

Tips Mempercepat Website Elementor ini dibuat untuk Anda. Karena waktu menunggu termuatnya halaman website dalam sebuah browser menjadi hal yang penting, jangan sampai orang menunggu lama saat membuka website kita.

Sejujurnya, pengunjung tidak mau menunggu lebih dari 5/6 detik untuk memuat halaman web. Banyak orang yang akan meninggalkan website Anda jika dimuat lebih dari 5/6 detik, dan itu terjadi pada website wordpress yang menggunakan Elementor.

Terbukti sebagian besar webmaster menggunakan Elementor sebagai pembuat halaman web utama mereka. Bahkan, hampir 5+ juta orang menggunakan elementor untuk pembuatan websitenya. Lantas apakah dengan Elementor website kita bisa dimuat lebih cepat?

Pada artikel ini Mamang akan membagikan beberapa teknik pengaturan kinerja WordPress profesional untuk meningkatkan kecepatan pada halaman Elementor. Mari kita mulai dan pelajari caranya!

Link Mangcoding1. Pilih server hosting yang kinerjanya baik

Situs web Anda akan dimuat lebih cepat hanya jika mesin pada server hosting Anda dioptimalkan dengan baik. Semua tips yang akan kami jelaskan di bawah tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi situs Anda jika Anda masih menggunakan server hosting yang kinerjanya tidak baik.

Jadi, apa yang membuat web hosting bagus?

Oke. Pertama-tama, pastikan layanan hosting pilihan Anda menggunakan hardware terkini dan mendukung software terbaru. Untuk bagian software setidaknya harus mendukung syarat-syarat berikut :

  • PHP 7+
  • MySQL 5.6+
  • Memori WordPress 128MB+ (disarankan 256MB)

Untuk bagian perangkat keras, gunakan layanan hosting yang layak yang menggunakan server SSD bersama dengan server Linux dan firewall yang kuat untuk mempercepat situs web Elementor.

Apakah Anda sudah menggunakan hosting dengan memenuhi persyaratan diatas? Mari kita lanjutkan ke tahap kedua untuk meningkatkan kecepatan website Elementor yang lambat.

Link Mangcoding2. Meningkatkan kecepatan halaman Elementor

Kombinasi tema ringan dan hosting cepat akan menghasilkan situs web secepat kilat. Karena Anda telah memilih hosting, inilah saatnya mencari tema yang ringan namun multifungsi. Selanjutnya, saat memilih tema, pastikan tema tersebut memenuhi fitur berikut :

  • Mendukung instalasi modular
  • Mengirim lebih sedikit permintaan ke server
  • Ukuran file lebih kecil

Berikut adalah daftar beberapa tema ringan yang kami rekomendasikan untuk membuat situs WordPress Anda agar bisa dimuat lebih cepat.

Selain tema yang kami rekomendasikan, Anda juga bisa mendapatkan banyak koleksi tema ramah Elementor dengan mengunjungi toko tema XpeedStudio.

Link Mangcoding3. Pengoptimalan kecepatan halaman Elementor

Cara ini bisa Anda lakukan dengan meminimalkan file CSS dan JS, sehingga akan meningkatkan kecepatan situs Elementor secara drastis. Ada dua taktik untuk memperkecil file-file ini, diantaranya adalah :

a. Penggabungan โ€“ Menggabungkan beberapa file menjadi satu.

b. Minifikasi โ€“ Menghapus spasi atau jeda baris yang tidak diperlukan.

Berikut ini contoh kode yang diperkecil dan kode yang tidak diperkecil :

Tips Mempercepat Website Elementor 1

Selain metode diatas yang bisa dilakukan, Anda juga dapat menggunakan plugin WP Rocket atau Optimasi Otomatis untuk memperkecil kode Anda dan membuat WordPress lebih cepat. Jika Anda menanyakan pendapat kami, kami lebih memilih WP Rocket karena fitur-fiturnya yang serbaguna.

Link Mangcoding4. Kecepatan halaman Elementor yang baik

Selain minifikasi kode Anda juga harus mengoptimalkan gambar web Anda. Arsip HTTP melaporkan, gambar berpengaruh sekitar 34% dari total halaman yang membuat website berat. Oleh karena itu, Anda harus mengompresi dan mengubah ukuran foto untuk memastikan kecepatan halaman Elementor.

Ada dua metode pengoptimalan gambar yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan pemuatan website Elementor yang lambat, diantaranya :

  • Lossy โ€“ Mengurangi ukuran gambar dengan mengorbankan sedikit kualitas
  • Lossless โ€“ Mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas

Silahkan Anda lihat foto dibawah ini, untuk mendapatkan gambaran umum tentang kompresi lossy dan kompresi lossless.

Tips Mempercepat Website Elementor 2

Berikut adalah beberapa sumber untuk mengompres gambar yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda, diantaranya :

  • Situs web TinyPNG (bagus untuk kompresi lossless)
  • Plugin WP Imagify (gratis hingga 25MB/bulan)
  • Smush Plugin WP (gratis untuk kompresi lossless)

Namun, dari beberapa rekomendasi diatas, silahkan Anda coba gunakan situs web TinyPNG untuk mengompresi gambar Anda, atau Anda bisa menggunakan plugin lain untuk mengonversikan gambar ke WebP agar website elementor Anda bisa lebih cepat lagi.

Link Mangcoding5. Mempercepat Situs Web Elementor

WordPress kini banyak digunakan dan menguasai 37,6% lebih situs web di dunia. Untuk membantu sejumlah besar situs web ini, pengembang WordPress mengembangkan banyak plugin. Saat ini, ada sekitar 57.000+ plugin di direktori plugin WordPress.

Ya, plugin pasti berguna. Plugin memperluas fungsionalitas situs web yang didukung WordPress. Tapi, masalahnya akan muncul jika webmaster memasang banyak plugin di situs web mereka.

Menggunakan banyak plugin akan sangat merusak kecepatan halaman Elementor Anda. Itu membuat situs lebih berat, sehingga situs web membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimuat.

Jika Anda melakukan hal yang sama, hapus plugin yang tidak diperlukan tersebut sekarang juga untuk meningkatkan kecepatan situs. Hal ini pasti akan membantu mempercepat situs Elementor Anda.

Menggunakan plugin yang dioptimalkan tidak akan memperlambat situs web Anda. Tetapi plugin yang tidak dioptimalkan dan plugin yang tidak terpakai yang akan membebani website Anda sehingga akan lambat saat website Anda dimuat.

Jika Anda menggunakan add-on Elementor yang dioptimalkan seperti Elements Kit, itu tidak akan memperlambat situs web Anda. Sebaliknya, itu hanya meningkatkan kinerja Elementor.

Link Mangcoding6. Gunakan CDN

Setiap kali seseorang mengunjungi situs web, dia mengunduh data dari server host Anda. Misalkan pusat data Anda berlokasi di San Francisco, dan pengunjung juga tinggal di AS. Dalam hal ini, website pasti akan memuat lebih cepat.

Namun, apa jadinya jika pengunjung tersebut tinggal di suatu tempat di Islandia? Ini pasti membutuhkan waktu. Itu hanyalah hukum umum fisika. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh data, semakin lambat pula data tersebut untuk diakses.

Solusinya adalah hanya CDN yang dapat menyelamatkan Anda dari masalah ini. CDN alias jaringan pengiriman konten, mengirimkan konten web Anda dari berbagai pusat data di seluruh dunia.

Setiap kali seseorang mengunjungi situs Anda, CDN akan memuat data situs web dari pusat data terdekat. Menggunakan CDN sangat membantu untuk meningkatkan kecepatan situs jika pengunjung Anda berada di seluruh dunia. Rekomendasi kami silahkan Anda dapat menggunakan Bunny CDN atau Cloudflare.

Link Mangcoding7. Kecepatan halaman Elementor yang lancar

Caching halaman adalah salah satu hal terbaik yang harus dilakukan untuk mempercepat situs web Elementor Anda. Jika host Anda belum melakukannya untuk situs web Anda, Anda harus melakukannya secara manual.

Namun, untuk memahami cache halaman dengan benar, Anda harus mengetahui cara kerja sebuah situs web. Singkatnya, Anda harus tahu apa yang terjadi di website Anda ketika seseorang mengunjungi website Anda.

Ingat, situs WordPress Anda memiliki dua bagian utama, yaitu Bagian pengkodean dan Bagian basis data. Seperti namanya, bagian coding sebagian besar berisi tag HTML, CSS, JS, PHP, dll. Dan bagian database menyimpan data website Anda seperti postingan blog, gambar, dll.

Saat seseorang mengunjungi situs web, server web Anda mengirimkan kode HTML ke browser pengunjung. Kemudian, browser merender situs web dan membuatnya terlihat di monitor pengunjung.

Namun masalahnya adalah, server web Anda tidak menyimpan kode HTML ini dan harus membangunnya. Setelah dibuat, ia mengirimkan kueri ke database untuk merakit HTML yang dirender.

Caching halaman bekerja dengan menyimpan file HTML di sisi pengguna. Jadi, server tidak perlu memproses file backend tersebut. Ini jelas menghemat banyak waktu. Dibawah in beberapa plugin cache halaman berkualitas tinggi, diantaranya :

  • WP Roket (Premium)
  • W3 Total Cache (Gratis)
  • Cache Komet (Gratis + Premium)
  • Hiper Cache (Gratis)
  • WP Super Cache (Gratis)

Anda dapat menggunakan salah satu plugin ini untuk membuat cache halaman pada situs WordPress Anda. Semua plugin ini tersedia di direktori plugin WordPress kecuali WP Rocket. Jika Anda ingin menggunakan plugin itu, Anda harus mendownloadnya secara manual di situs resminya.

Ingatlah untuk meningkatkan batas memori WordPress, jika tidak, Elementor tidak akan dimuat saat menggunakan plugin berat apa pun.

Link Mangcoding8. Menyajikan kecepatan halaman Elementor yang dioptimalkan

Pada bagian cache halaman, kami telah menjelaskan aktivitas server saat memuat situs web. Tapi tahukah Anda apa yang dilakukan browser Anda untuk menampilkan konten situs web Anda?

Penjelasannya cukup sederhana, browser mencari alamat IP server situs web Anda dan memuat data. Untuk melakukan tindakan ini, setiap browser mengandalkan sesuatu yang disebut Domain Name Server alias DNS.

Sama seperti layanan hosting yang lebih lambat memengaruhi situs web Anda, server nama yang lebih lambat juga berdampak buruk pada kecepatan pemuatan situs web Anda. Jika Anda menggunakan server nama yang lebih lambat, dibutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan alamat IP situs web Anda.

Anda dapat menggunakan layanan DNS Cloudflare untuk situs WordPress Anda. Ya, kami merekomendasikan memilih layanan DNS Cloudflare karena mudah digunakan dan cloudflare benar-benar gratis.

Yang harus Anda lakukan cukup daftar untuk mendapatkan akun Cloudflare gratis. Kemudian Anda akan mendapatkan alamat DNS Cloudflare. Selanjutnya, ubah nameserver Anda sebelumnya menjadi nameserver Cloudflare.

Alamat DNS Cloudflare default adalah :

  • 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 (untuk IPv4)
  • 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001 (untuk IPv6)

Pilih alamat DNS berdasarkan versi IP Anda. Cloudflare DNS akan meningkatkan kecepatan situs web Anda meski Anda menggunakan editor Gutenberg atau Elementor untuk membuat laman web Anda.

Link Mangcoding9. Optimalkan Basis Data Anda

Database adalah tempat penyimpanan data website Anda. Jadi, pada database juga berisi beberapa data yang tidak perlu. Data yang tidak perlu tersebut tidak hanya menghabiskan penyimpanan database Anda tetapi juga membuat situs web lebih berat untuk dimuat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menghapus file yang tidak terpakai dari database Anda. File tersebut bisa berupa file baru atau file seperti komentar spam.

Sebagian besar pemilik situs web mengabaikan fakta tersebut dan tidak mengambil tindakan apa pun terhadapnya. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, namun tetap memakan ruang di database. Anda mungkin menyetujui komentar yang sesuai dan menghapus pesan spam. Ini akan membuat situs WordPress lebih cepat.

Link Mangcoding10. Aktifkan Kompresi Gzip

Kompresi Gzip adalah proses kompresi data yang paling mudah dan sederhana. Ini adalah cara efektif untuk mempercepat situs web Anda serta menghemat bandwidth Anda.

Selain itu, kompresi Gzip merupakan cara terbaik untuk mengompresi ukuran file Anda. Data yang diperkecil membutuhkan lebih sedikit memori di server dan memuat lebih cepat untuk klien.

Gzip pada dasarnya adalah format file. Ekstensi file Gzip adalah .gz, .tgz, .tar.gz dll. .tgz dan .tar.gz menunjukkan file terkompresi .tar, yang dikompresi oleh gzip.

Untuk membuat WordPress lebih cepat, Anda dapat mengaktifkan kompresi gzip di situs WordPress Anda dengan menggunakan plugin caching yang didukung gzip. Jika ingin melakukannya secara manual, Anda dapat mengaktifkan kompresi ini dengan menambahkan file pada .htaccess.

Ada beberapa pemeriksa kompresi Gzip di web yang akan menawarkan Anda kecepatan halaman Elementor yang baik dengan mengoptimalkan file Anda. Lakukan tes kecepatan Elementor pada Google PageSpeed Insights atau GTmetrix untuk menentukan apakah kompresi berfungsi di situs web Anda atau tidak.

Semua orang suka mengunjungi situs web super cepat. Jadi, berupaya mempercepat situs WordPress Anda harus menjadi perhatian utama Anda saat ini. Ini tidak hanya akan mempercepat kecepatan memuat situs WordPress tetapi juga meningkatkan peringkat di SERP.

Kami berharap kecepatan halaman Elementor Anda menjadi lebih cepat secara dramatis setelah berhasil menerapkan teknik ini. Beri tahu kami jika Anda menghadapi masalah saat berupaya mempercepat situs WordPress Anda.

Itulah artikel 10 Tips Mempercepat Website Elementor Anda yang dapat Mangcoding sharing. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru untuk Anda. Jika ada kritik serta saran yang dapat membangun, silahkan komentar atau kirim melalui Email dan Media sosial Mangcoding.

Sumber : 10 Tips Mempercepat Website Elementor Anda